Teknik Lingkungan IST AKPRIND Yogyakarta – Laboratorium pengujian dituntut untuk mampu menghasilkan data pengujian yang akurat dan absah, hal ini akan dapat tercapai apabila laboratorium ditunjang oleh personel yang kompeten. Salah satunya adalah petugas pengambilan contoh air dimana teknik sampling yang digunakan harus dapat menjamin ketercapaian tujuan pengambilan contoh

Untuk menjamin keberhasilan dan mengurangi keragaman hasil, metode yang digunakan, personil yang melaksanakan, peralatan serta tata cara dalam pengambilan contoh telah distandarisasi oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan sebagai bukti formal petugas pengambil contoh air telah kompeten secara teknis dan hukum dinyatakan dalam bentuk sertifikat.

Berkaitan dengan hal tersebut Lembaga Sertifikasi Profesi Lingkungan Hidup Indonesia (LSP-LHI), lembaga yang mendapatkan sertifikat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Nomor Kep. 0564/BNSP/V/2016 menunjuk Institut Sains & Teknologi AKPRIND sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri Lingkungan Hidup untuk menyelenggarakan sertifikasi petugas pengambilan contoh air. Setiap peserta uji kompetensi yang dinyatakan lulus dan kompeten akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan berhak mendapatkan sebutan identitas C.WS (Certified Water Sampler) yang berlaku selama 3 tahun.

IMG_7864

Berdasarkan agenda TUK Mandiri Lingkungan Hidup IST AKPRIND Yogyakarta pada tanggal 5 Agustus 2018 telah diselenggarakan Uji Kompetensi PCUA (Pengambil Contoh Uji Air) dengan total 9 peserta, dengan 2 orang dari alumni Teknik Lingkungan, 3 orang dari calon wisudawan Teknik Lingkungan, serta 4 orang dari dosen dan tendik.

IMG_7869

Dari serangkaian asesi pada tanggal 5 Agustus 2018 oleh asesor dari LSP Lingkungan Hidup Indonesia, dilaporkan bahwa seluruh peserta telah lolos uji kompetensi PCUA. Sehingga pada hari Senin, 01 Oktober 2018, di Ruang Kerja Rektor dilangsungkan acara Penyerahan Sertifikat Uji Kompetensi dari LSP Lingkungan Hidup Indonesia.

IMG_7860

Acara penyerahan sertifikat ini dihadiri oleh Pimpinan Institut, LSP LHI, TUK Mandiri LH, asesor dan asesi. Pada kesempatan tersebut, Dr.Ir.Amir Hamzah , MT menyampaikan apresiasi dan harapan agar TUK Mandiri LH sanggup mengadakan kegiatan sertifikasi secara berkala untuk menunjang kompetensi lulusan IST AKPRIND Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here