Sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) resmi yang telah ditunjuk oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Lingkungan Hidup Indonesia (LSP-LHI), IST AKPRIND memiliki kewajiban bahwa pelaksanaan uji kompetensi haruslah berkelanjutan dan konsisten.

Setelah melakukan refreshment materi pengambilan contoh uji air pada Jumat (10/1) yang diikuti oleh 8 calon wisudawan dari Teknik Lingkungan, TUK Mandiri Lingkungan Hidup menyelenggarakan asesmen kompetensi PCUA (Pengambil Contoh Uji Air). Kegiatan asesmen ini dilakukan di Laboratorium Pusat Kotabaru pada Sabtu (11/1) bersama dengan LSP LHI Lingkungan Hidup. Adapun Asesor Kompetensi dari BNSP yang ditugaskan dalam kegiatan ini untuk skema PCUA adalah Dra. YUli Pratiwi, M.Si (AKPRIND) dan Hadi Prasetyo Suseno, ST., M.Si (AKPRIND).

Peserta uji kompetensi untuk skema PCUA adalah dari mahasiswa calon wisudawan TL berjumlah 8. Semua peserta melalui serangkaian tes mulai tertulis hingga wawancara. Sehingga pada akhirnya TUK meluluskan delapan peserta uji kompetensi bidang Pengambil Contoh Uji Air (PCUA) atas nama Ramadani Candra Puspitasari,S.T., Wa Ode Destiarsi,S.T., Fauzana R Putri,S.T., Masrul,S.T., Gunariansyah,S.T., Andi Syaiful Huda, S.T., Hasti Dewi Poernama,S.T., dan Yerrsy Cherya Puspita,S.T., berhak menerima sertifikat uji kompetensi yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (LSP-LHKI) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) serta menyandang Gelar C.WS. Para penerima sertifikat juga otomatis menjadi anggota LSP LHKI.

Sertifikat Kompetensi diserahkan oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., di Ruang Kerja IST AKPRIND, Selasa (28/1). Pada kesempatan tersebut, para penerima sertifikat juga menerima kartu anggota LSP-LHKI yang diserahkan oleh Muhammad Baril selaku Manajer Informasi LSP LHKI. Menurut Muhammad Baril, TUK IST AKPRIND merupakan salah satu TUK Lingkungan Hidup yang teraktif. Sementara Rektor IST AKPRIND mengungkapkan bahwa dengan uji kompetensi bidang lingkungan hidup ini, merupakan salah satu upaya perguruan tinggi dalam memberikan nilai lebih bagi para alumninya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here