Kuliah Lapangan merupakan kegiatan berkala yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) IST AKPRIND berkoordinasi dengan dosen pengampu mata kuliah terkait beserta Jurusan Teknik Lingkungan. Tujuan diadakannya kegiatan kali ini untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap  peralatan pengolahan air minum dan pengolahan air limbah secara nyata serta sinkronisasi antara mata kuliah dengan kondisi riil di lapangan atau dunia kerja.

Pada hari Sabtu,15 Januari 2018, kegiatan Kuliah Lapangan mahasiswa Teknik Lingkungan berkunjung ke Balai IPAL ( Instalasi Pengolahan Air Limbah) Yogyakarta yang berlokasi di Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 75 mahasiswa disertai 4 dosen pendamping. Kegiatan diawali dengan presentasi dari Balai IPAL tentang sejarah, organisasi tata kerja , sistem pengolahan yang dilakukan hingga menjelaskan pula tentang alat- alat yang digunakan untuk mengolah limbah. Setelah presentasi dalam ruangan selesai, peserta kuliah lapangan diajkan berkeliling ke seluruh area pengolahan limbah. Peserta antusias dengan paparan yang dijelaskan dan banyak pula yang bertanya.

Untuk kunjungan selanjutnya adalah ke area pengolahan air minum untuk SPAM (Sistem Pengelolaan Air Minum) Regional Kartamantul yang berlokasi di Argosari, Sedayu, Bantul. Kegiatan di lokasi ini tidak jauh berbeda dengan kegiatan di Balai IPAL yaitu presentasi dilanjutkan berkeliling ke area pengolahan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here